Penjelasan Sundep Hama Tanaman Padi


Hama yang menyerang komoditas pangan ini adalah hama sundep atau beluk. Apa hama sundep itu? Sundep merupakan hama dengan kerusakan yang terjadi pada tanaman sebelum berbunga. Kadang-kadang apabila kerusakan terjadi ketika tanaman masih muda, tunas baru dapat dibentuk untuk mengganti batang yang rusak. Serangan sundep dapat berkurang dengan adanya hama kresek dan tikus. Tetapi kerusakan yang ditimbulkan oleh kedua populasi tersebut akan lebih besar (Mueller, 1970)
.
Sundep menyerang tanaman padi sebelum berbunga (fase vegetatif) terutama pada daun yang masih muda. Padi yang terkena sundep menunjukkan gejala yaitu daunnya berwarna kuning dimana semakin berat serangannya maka warna kuning pada daun akan semakin merata. Selain itu pucuk batang yang digerek menjadi kering sehingga mudah dicabut. Bila pucuk tersebut dicabut maka akan terlihat bekas gerekan dan kadang-kadang larva masih terdapat pada pangkal batang.

Hama yang menyebabkan gejala sundep ialah Sesamia inferens. Sesamia inferens tersebut merusak dengan cara meletakan telurnya pada pelepah daun bagian dalam. Setelah telur menetas maka larva-larva tersebut mulai memakan pelepah daun, kemudian menggerek masuk kedalam batang. Selanjutnya memakan batang bagian dalam sehingga jaringan pembuluh batang terpotong. Hal ini menyebabkan terputusnya pasokan hara dari dalam tanah sebagai bahan untuk fotosintesis. Daun yang berwarna kuning tersebut sebagai akibat karena kurangnya pasokan hara.

Tindakan pengendalian hama sundep jika masih berada dibawah ambang ekonomi yaitu 10% / m2. Bila tingkat kerusakannya lebih dari 10% / m2 maka diperlukan tindakan pengendalian dengan menggunakan insektisida dan musuh alaminya seperti tabuhan parasit jenis Platytelenomus, ulatnya diserang tabuhan Braconiol, pupanya diserang tabuhan parasit Tetrastichus Israeli dan jenis nematoda Meoaplectana carpocapsae.

5 komentar:

  1. Sata suka senior yang pemikirannya kayak mas nih.. semangad terus ya mas!!

    BalasHapus
  2. Ambang ekonominya mana gan, ntar klo panen bulir kosong doang masih untung ya ?

    BalasHapus
  3. Waduuuh hebat banget informasinya, terim akasih. Selamat berjuang euyyy

    BalasHapus
  4. Maaf..mau menambahkan sesamia inferens atau penggerek batang merah jambu adalah salah satu dri jenis penggerek..tp itu jrg ada diindonesia..dominan 2 jenis yaitu penggerek batang padi putih dan jg penggerek btg padi kuning..scirpophaga incertulas dan s innotata..walau gejalanya sama tp 2 jenis itu pling dominan di Indonesia..musuh alami parasitoidnya jg ada parasitoid telur..larva dan imagonya..terima kasih

    BalasHapus

 

Copyright © Peduli Pertanian | Powered by Blogger